Habiburrahman El-Shirazy


HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY adalah sarjana Al Azhar University Cairo. Founder dan Pengasuh Utama Pesantren Karya dan Wirausaha BASMALA INDONESIA, yang berkedudukan di Semarang, Jawa Tengah. la dikenal secara nasional sebagai dai, novelis, dan penyair. Beberapa penghargaan bergengsi berhasil diraihnya, anfara lain, Pena Award 2005, The Most Favorite Bookand Writer 2005 dan /BF Award2006. Tak jarang ia diundang. untuk berbicara di forum-forum nasional maupun internasional, baik dalam kapasitastaya sebagai dai, novelis, maupun penyair. Seperti di Cairo, Kuala Lumpur, Hongkong, dan lain-lain. Karya-karyanya selalu dinanti khalayak karena dinilai membangun jiwa dan menumbuhkan semangat berprestasi. Di antara karya-karyanya yang telah beredar di pasar adalah Ayat Ayat Cinta (novel fenomenal yang akan dilayarlebarkan, 2004), Pudamya Pesona Cleopatra (novelet, 2004), Di Atas Sajadah Cinta (kumpulan kisah teladan yang telah disinetronkan di Trans TV, 2004), Ketika Cinta Berbuah Surga (kumpulan kisah teladan, 2005), Ketika Cinta Bertasbih (novel fenomenal yang belum genap sebulan beredar telah terjual 30.000 eksemplar, 2007). Karyanya yang siap dirampungkan: Langit Makkah Berwarna Merah. Bidadari Bermata-Bening dan Bulan Madu di Yerusalem.

20 comments:

Anonymous said...

Salam Aleikum,
saya adalah mahasiswi indonesia yang di beri kesempatan oleh Allah SWT untuk belajar di Arab peninsula.saya membaca ayat ayat cinta dan saya sangat suka dengan bahasa penulisan.tapi sangat berbeda dengan apa yang saya hadapi di sisni.saya tidak belajar di mesir karena mesir bukan arab.they speaking like arab but they are not arab.arab peninsula adalah Saudi,kwait,UEA,Bahrain,Oman dan yemen.tapi islam sangat luas hanya mungkin ketika kita belajar secara mendalam kita akan menemukan hall hal baru yang sangat menarik.saya ingin sekali contact dengan penulis Ayat ayat cinta lewat email.saya inging membagi pengalaman saya selama saya tinggal dan belajar disini.
Wassalam Aleikum

Anonymous said...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Saya adalah seseorang yang berusaha untuk mencoba menghargai seni dan karya orang lain. Penafsiran dari representasi yang saya berikan adalah merupakan hal yang paling mendalam dalam diri saya dan insya Allah.... jujur.
dan jika emang itu adalah sebuah kejujuran... maka saya ingin menyampaikan salam sejahtera untuk Kang Abik yang telah membuat saya menangis setelah membaca novel dan menonton (Ayat-ayat Cinta). Saya berharap semoga Kang Abik senantiasa menghadirkan karya-karya yang "baik" yang akan selalu saya kenang sebagai seseorang yang influence terhadap diri saya selain Buya Hamka.... Insya Allah !

Anonymous said...

assalamualaikum,
saya adalah siswa SMA yang kini menjadi penggemar karya-karya kang abik,,
bukan bermaksud melebih-lebihkan tapi memang sperti itulah adanya,, karya kang abik memberikan saya banyak pelajaran dalam kehidupan. " kang abik, teruslah berkarya,,,di tunggu karya terbaru yang juga mempesona"

Anonymous said...

Setiap orang bebas untuk me­nyatakan keyakinannya. Termasuk keyakinan bahwa surga itu hanya "hak orang-orang Muslim". Kalau anda tertarik dengan tawaran ini, silakan saja. Bebas dan tidak ada yang melarang. Tetapi pernahkah anda berpikir, apakah orang lain yang berkeyakinan berbeda bebas juga mengutarakan keyakinannya? Seperti keyakinan bahwa Bunda Maria, tokoh paling suci dalam Kekristenan setelah Yesus Kristus, telah menunjuk bahwa jalan ke surga harus melalui Muhammad.

Bolehkah orang Kristiani, yang mempercayai bahwa Yesus adalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup, dan tidak seorangpun yang sampai kepada Bapa kecuali melalui Kristus (Yoh. 14:6), meminjam "lisan Nabi Muhammad" untuk mengajar keyakinan itu?
Moga-­moga anda membolehkannya, seperti kami tidak men-demo ketika "Ayat-ayat Cinta" meminjam "mulut suci Bunda Maria" untuk dakwah agama Islam. Kalau begini, mengapa harus marah kepada Ahmadiyah?

Sebaliknya, mengapa harus mengelu-elukan "Injil Yudas", dan "The Da Vinci Code", tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain yang tidak menyetujuinya? Katakanlah, "berjuta-juta orang Kristen yang tersakiti perasaannya" karena publikasi novel dan film itu?" Padahal film ini akan lebih mendidik lagi, kalau misalnya diungkap juga fakta keberdampingan harmonis kehidupan umat Kristen dan umat Islam di negeri yang oleh Ibnu Khaldun dijuluki "lbunda Dunia" ini.

Misalnya, tenda-tenda Ma’idah ar-Rahman (Jamuan Sang Pengasih), yaitu jamuan makan gratis yang dibuka di jaan-jalan kota Kairo, yang di beberapa wilayah Koptik, seperti Subhra, misalnya, selalu dibuka oleh uskup Gereja Ortodoks Koptik sebagai simbol persatuan nasi­anal (Wihdat al- Wathani). Begitu juga, kehadiran Syeikh Al-Azhar, Dr. Muhammad Tanthawi, pada acara ‘Idul Milad (Natal) di Katedral Al-Qidis Marqus, Abbasiya.

Tradisi saling mengucapkan selamat hari raya, baik hari-hari raya Islam maupun hari-hari raya Kristen, juga menjadi kebiasaan yang patut dijadikan referensi di negara-negara mayoritas Muslim non-Arab, seperti Afganistan, Pakistan, dan Indonesia akhir-akhir ini, yang terkadang "lebih Arab ketimbang negara-negara Arab sendiri".

Dan akhirnya, berbarengan dengan perasaan sedih dan menyayangkan peredaran film "The Fitna", saya yang terus menerus mencoba memahami sukacita anda menyambut film "ayat-ayat Cinta", izinkanlah saya mengucapkan: Mabruk,

Anonymous said...

assalamua'alaikum Wr.Wb

saya adalah makhluk yang di cptakan Allah Swt dengan nikmat yang berlimpah luah tapi kenapa saya masih belum bisa terlalu bersyukur kepada-Nya. . .
saya juga termasuk orang penggemar kang abik yang dimana karya-karyanya itu benar-benar dapat membangun jiwa saya. . .

seperti di dalam novel ketika cinta bertasbih dan ayat-ayat cinta yang dimana itu mempunyai hal-hal isLami yang msh belum saya ketahui. . .

SELAMAT DATANG DI BLOG DEWAN KERJA DAERAH KALTIM said...

ass. nove2 kang abik sangat memotivasi semangat hidup saya, selain ceritanya sangat bagus tapi juga sarat akan pengetahuan agama khususnya tentang ilmu fiqh

SELAMAT DATANG DI BLOG DEWAN KERJA DAERAH KALTIM said...

ass. novekl anda luar biasa karna sarat akan ilmu agama

Anonymous said...

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Saya sudah membaca novel-novel kang abik a.l. "ayat-ayat cinta" dan "ketika cinta bertasbih 1 & 2".
Saya sangat salut sekali kpd kang abik yang telah mebuat karya-karya yang bisa membangun jiwa shg bisa meningkatkan keimanan.
Saya berharap di Indonesia bisa muncul lebih banyak lagi novelis-2 spt kang abik.

Untuk novel-novel yang diangkat ke layar lebar, saya hanya mau berpesan agar terus dipertahankan untuk pemilihan pemainnya supaya dipilih yang mempunyai citra yang baik di mata ummat / masyarakat, supaya citra islam sebagai "way of life" yang diridhoi Allah swt dapat tetap terjaga dengan baik.

Teruslah berkarya kang abik. Semoga Allah swt senantiasa melimpahkan berkah dan rahmah-Nya kepada keluarga kang abik dan kita semua. Amiin.

Wassalam,

Su'udhi Asnawie

inuel said...

wah, aku jadi pengen punya semua novelnya , kira kira di internet ada ngga ya :)

untuk kang abik said...

assalamualaikum kang abik.......... novel anta bagus bgt... ini untk kang abik....

cinta berjudul

diatas sajadah cinta
kuurai cerita panjang
tentang musafir cinta
yang mencari rahasia
dibalik syahadat cinta
yang berbuah akan ma'rifat cinta

ketika cinta bertasbih
kulantunkan dzikir2 cinta
setelah mata ini terisak
dari sujud ke sujud
atas cinta terbak yang kumiliki

ketika cinta berbuah surga
kudendangkan ayat2 cinta
sebagi nyanyian cinta terindah
hingga meniti cahaya diatas cahaya
sampai diri menjadi satu diantaru
'bidadari-bidadari surga'
karena cinta dalam sujudku
berada didalam mihrab cinta teragung
dan lihatlah diriku
adalah bidadari bermata bening
menjadikan pudarnya pesona cleopatra
dbawah langit meka berwarna merah
dan semua berada didalam naungan cinta

By;ru'ya El Shadiqah

kumpulan dari judul2 novel
wassalam

Anonymous said...

Salamun'alaikum.wr.wb

Saya seorang mahasiswa dari kalimantan barat, yang menggemari hasil karya "Novelis Bertangan Dingin" nya kang abik...
Untaian kalimat kalimat sakti yang kang abik ungkapka dalam novel-novel jang abik sungguh indah..
hingga saya dan kakak saya sangat mennanti novel-novel karaya kang abik berikut nya..

Alhamdulillah (Sesungguhnya segala puji hanya bagi Allah)
pokok nya kami tunggu karaya kang abik berikutnya, dan terus lah berkarya karna Lillahita'ala..
amin

ila27 said...

salam'alaik..

Saya adalah mahasiswi universiti malaysia sarawak. Saja juga peminat karya Tuan. Saya tidak akan membaca novel selain karya tuan dan hlovate(pnulis malaysia).

Anonymous said...

assalamualaikum...
saya niza dr malaysia dan saya mmg sgt2 memintai karya2 tuan dan telah memiliki hampir semua novel tuan dan yang terkini bertajuk cinta..semoga akan ada byk lagi novel tuan dlm produksi ar risalah publication yg akan di pasarkan dan sy tidak sabar mahu memiliki novel dr tuan..teruskan berkarya dan semoga Allah memberkati..amin

Anonymous said...

assalamualaikum...
saya niza dr malaysia dan saya mmg sgt2 memintai karya2 tuan dan telah memiliki hampir semua novel tuan dan yang terkini bertajuk cinta..semoga akan ada byk lagi novel tuan dlm produksi ar risalah publication yg akan di pasarkan dan sy tidak sabar mahu memiliki novel dr tuan..teruskan berkarya dan semoga Allah memberkati..amin

Topaz lio said...

assalamu'alaikum ustadz...

subhanallah,
saya sampai terkagum-kagum membaca karya-karya anda, karna menurut saya itu bukan sekedar novel atau karya fiksi, tapi juga fikih ilmu agama, motivasi hidup, yang dikemas secara indah dan lembut, bahasanya mengalir detil.

buat kita, asalkan mau membaca karya2 kang abik, ilmu sudah tertransfer dengan sendirinya.

subhanallah, teruslah berkarya dan tegakkan syari'at islam untuk umat.

selalu saya nanti karya2nya ustadz.

wassalam

Anonymous said...

Alhamdullillah syukur ke atas ALLAH SWT kerana masih lagi mengurniakan seorang insan yang mempunyai bakat sebesar habiburrahman ini. Amin

esma el-shiraza said...

Assalamu'alaikum Ust......untuk pertama kalinya ana bisa coment-coment ke antum,Ust,sejujurnya,ana pengeeen banget kelak ana kayak antum.do'ain aja.setiap baca buku and film-film antum ana suka nangis.sedih banget.ana selalu ngerasa antum adalah obat segala keingin tahuan ana.ana percaya kelak kita akan bertemu n berteman baik.ana udah mimpiin antum beberapa kali lho!lebih dari tujuh kali!!yang paling berkesan itu,saat ana mimpi membuka karya antum yang berjudul dalam mihrab cinta',isinya malah kisah hidup ana.ana percaya kok!mimpi-mimpi ana selama ini adalah isyarat darinya untuk mempertemukan kita kelak.ana bakalan berusaha untuk mampu seperti antum.ana janji.catat nama ana ya...ESMA EL-SHIRAZA,hahaha afwan ust,demi motifasi!!
nasib saya,masa depan saya,mau jadi apa saya,sayalah yang menentukan.sukses dan gagalnya saya,sayalah yang menciptakan.sayalah yang mengarsiteki apa yang akan saya raih dalam hidup ini.kata-kata bijak antum ini bakalan jadi motivasi terbesar dalam diri ana untuk bekal menyamaimu Ust.tunggu saja.ana uhibbukum fillah Ust.

AHY said...

Assalamualaikum wr. wb.
Semoga Ustad dalam keadaan sehat wal afiat dan terus berkarya,saya telah membaca karya ustad yang membangun jiwa, semoga lewat tulisan ustad menjadi amal jariyah dan terus berkarya.

AHY said...

Assalamualaikum Wr. Wb.
saya ucapkan banyak terima kasih kepada ustad, setelah membaca karya antum sangat membangun jiwa, semoga ustad diberikan kesehatan dan kekutan dalam berkarya, semoga menjadi amal jariyah, amin

AHY said...

Assalamualaikum Wr. Wb.
Terimakasih ustad atas karya yang membangun jiwa, saya telah membacanya, semoga menjadi amal jariyah.